Di bawah satu atap

Bahasa – Stink ?

Posted on: June 22, 2006

Kemampuan berbicara Daniel memang agak lambat dibanding dengan anak-anak seusianya. Ini mungkin disebabkan karna kita berdua bicara dengan bahasa yang berbeda dengan Daniel di rumah. Daniel memang mengerti apa yang kita bilang, tapi untuk mengungkapkannya ini yang sulit buat dia. Dan sewaktu mulai masuk Kindergarten di umur 3 tahun, sepertinya Daniel sempat frustasi karna kata-katanya terbatas. Emaknya ini juga ikutan khawatir. Terkadang malah menggunakan kata-kata dalam bahasa indonesia kalo berbicara dengan guru-gurunya sampe gurunya bertanya apa ini atau itu artinya dalam bahasa jerman..haiyaa..

Setelah Dieter pindah kerjanya dan mengharuskan dia jauh dari kita dan hanya di rumah selama wiken, maka kita memperpanjang jam belajar (atau mainnya yah ?) di Kindergarten. Dengan pertimbangan, Daniel bakal lebih lama berkomunikasi dengan guru-guru dan teman-temannya dalam bahasa jerman. Bisa aja emaknya juga bicara bahasa jerman di rumah, cuma beda aja kalo orang jerman sendiri yang bicara dengan sayah yang orang asing d.

Dan syukurlah, kayaknya perbendaharaan katanya dah mulai bertambah. Belum sempurna memang, tapi aku tetap berpikiran positif, perkembangan anak berbeda-beda. Lantas apa hubungannya dengan judul di atas ? E-hem, giniii…biasanya anak kecil kalo berbicara apa adanya, gak perduli kalo itu bakal bikin merah karna malu orang lain. Dalam hal ini, sayah. Hari ini, sewaktu perjalanan pulang dari Kindergarten Daniel selalu pengen berjalan di belakangku. Kebetulan jalan lewat tempat kuda-kuda untuk Kirchweih dilepas. Bau doong… Dan, Daniel mengira bau itu dari aku. sambil menunjuk (maaf) bokongku dengan jari, Daniel teriak, “Mama, du stink (konjugasi masih belum bener nih) !” Lalu tangannya dikibas-kibas depan hidung mengusir si bau (ngehina bener nih bocah [-(). Aku terus bela diri, yang bau itu kuda. Tapi kekeuh weeh.. si Daniel bilang doch, aku yang bau. Sementara sewaktu nengok ke Daniel di belakang kita ada dua orang lagi yang jalan. Rasanya saat itu saya pengen jadi Xena, biar bisa kabur naik kuda… *garink sekaliiii…*

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

June 2006
M T W T F S S
« May   Jul »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
2627282930  

Banners

%d bloggers like this: