Di bawah satu atap

Castle Tours

Posted on: May 28, 2006

Tur ini sebenernya udah kepingin dilakukan dari dulu, cuma karna nunggu si bapak agak longgar waktunya maka secara mendadak minggu lalu kasih kabar ke aku, “Minggu depan kita bikin tur klilingnya!” Waks, sempet bingung soal nasib Tobi dan soal sampah yang bakal diangkut hari Selasa. Akhirnya, Tobi nginep di hotel juga..hihihi…itu looh Pensionnya punya Tierheim dan akhirnya diputuskan kita brangkat hari Rabu. Minta ijin bolos Kindergarten Daniel cuma hari Jumat, karna hari Rabu kebetulan Kindergarten Daniel libur, Kamis sowieso. Inilah petualangan Keluarga Kiesel….hihihi..

Hari I – Hohenschwangau

Berangkat dari rumah jam 7 pagi, cuaca masih cerah. Kurang lebih 3 jam kemudian kita sampe di tempat tujuan. Dari jauh dah kliatan Schloss Neuschwanstein dan Hohenschwangau. Kedua Schloss terletak di atas bukit, Neuschwanstein letaknya lebih tinggi dan bersebrangan dengan Schloss Hohenschwangau. Tujuan kita pertama adalah ke Neuschwanstein. Ada 3 alternatif buat menuju ke sana: jalan kaki, naik bis atau naik kereta kuda. Karna dah kebayang jalan yang menanjak, kita naik bus. Pengennya naik kereta kuda, cuma kita gak tau naknya di mana. Beli tiket bisnya yang untuk pergi, karna jalan pulang toh mikirnya menurun. Lumayaaan… Tapi, ealah ternyata..capek juga. Salut buat Daniel deh yang tetep ikutan jalan kaki. Oh ya..sekedar informasi, Neuschwanstein ini modelnya dipake untuk Disneyland.

Selanjutnya, kita pergi ke Schloss Hohenschwangau. Karna gak gitu jauh, kita bisa jalan kaki. Teteeep..jalannya naik, capek deh auu ! Sayangnya di dalam kedua puri/istana ini gak boleh foto-foto. Jadi cuma dapet foto luar. Mana yang Schloss Hohenschwangau ini lagi direnovasi, ketutup setengahnya. Bah ! Nah, yang mau tau sejarah si puri ato istana ini, silahkan ke websitenya aja yak…kekekekek… tambah panjang nanti entrynya. Selanjutnya, kita pergi ke hotel buat istirahat dan makan malam di daerah deket hotelnya.

Hari II – Ettal & Garmisch Partenkirchen

Setelah sarapan pagi dan cek-ot dari hotel, jam 9 pagi kita brangkat ke tujuan berikut…ke Schloss Linderhof. Buatku ini perjalanan yang menarik. Pertama, nggak jauh setelah meninggalkan hotel kita dah melewati perbatasan Jerman dan Austria. Yup, sempet di Austria sebentar..hahaha. Memang sengaja sih dirancang Dieter perjalanan kita kayak gitu. Yang kedua, sepanjang perjalanan kita bisa memandangi (tsaaah..) jajaran pegunungan Alpen. Lalu di pinggir jalan itu ada mata air (apa sungai yah ?) yang jerniiih..banget. Kurang lebih satu jam kita sampe di tujuan. Seperti Neuschwanstein, Linderhof ini juga milik Raja Ludwig II dan hanya yang paling komplit istananya alias selesai dibangun. Istana ini dikelilingin taman yang cukup luas…mayan juga…capek.

Nah, acara kedua ini adalah acara yang gak direncanakan. Yaitu mengunjungin Zugspitze atao puncak tertinggi di Alpen Jerman. Tingginya 2962 meter. Sebelumnya, aku dah deg-degan karna untuk ke sana naik kereta gantung. Tiket pulang perginya mahal ajaa.. 45 Euro per orang (dewasa). Daniel masih gratis. Pulangnya nanti terserah kita, mo naik kereta gantung lagi ato naik kereta. Selama naik ke atas di dalam kereta gantung itu, gak brani deh liat ke bawah. Belum kalo keretanya goyang-goyang huhuhu… Pas sampe di atas, Dieter juga ternyata ngeri..hahaha… Di atas sana ada bangunan, di dalamnya ada beberapa restoran, kios dan WC. Bisa keluar dari gedung itu sih. Cuma dingiiin…pakaian kita itu loo.. masih bersalju bo di luar. Sementara aku liat, ada keluarga dari India kuat cuma pake selop…brrr…kliatan doang kali yee kuat. Pulangnya kita milih naik kereta cuma harus naik kereta gantung dulu sebentar untuk ke stasiunnya. Nah, di sini ini orang-orang bisa berski ria ato cuma jalan-jalan. Ternyata perjalanan naik kereta sama horornya buatku. Haiyaaa…keretanya lewat terowongan yang lebarnya cuma muat satu kereta, nurunin gunung pula. Duileee… Selanjutnya kita menuju hotel (perjalanannya koq kayak di Nagrek yak) dan makan malam.

Hari III – Chiemsee

Sehabis sarapan dan cek-ot, lanjut lagi ke tujuan berikutnya: Schloss Herrenchiemsee. Letaknya di pulau kecil namanya Herreninsel, naik feri dulu untuk ke sananya-kurang lebih 15 menit. Istana ini juga punyanya Raja Ludwig II, paling mahal katanya. Banyak lapisan emasnya, kaca-kaca, lampu-lampu lilin dari kristal, koleksi vas ada di situ..gak heran mahal. Istana ini mirip dengan Chateau de Versailles, karna Ludwig II ini pengagum Louis XIV, jadi dimirip-miripin deh bangunannya. Sama seperti istana-istana sebelumnyanya, sayang banget gak bisa di foto di dalam ruangannya. Setelah selese liat-liat, biasaaa…cek-in dan makan malem.

Hari IV – München (Munich)

Samalah seperti hari sebelumnya, makan, cek-ot, brangkat. Satu setengah jam kemudian, sampe di München. Oya, lumayan beruntunglah kita, di perjalanan selalu hujan, kalo dah sampe tujuan brenti. Bahkan di sini sempet muncul matahari. Makanya hasil foto agak-agak eksperimental gitu. Maklum daah..kita bedua potogreper amatir. Dah gitu, nenteng berat2 tripod, lah kata Dieter lupa itu yang buat nyantolnya (tau dah bahasa benernya)..jadi weeeh..fotonya gak ada yang bertiga.

Di sini, nama istananya Nymphenburg. Sekelilingnya juga taman luas dan bangunan-bangunan lainnya. Banyak orang yang pake tamannya buat jogging. Berbeda dengan istana lainnya, di sini kita bisa foto ruangan dalamnya. Kurang tertarik aku sama istana ini, karna keliatan kosong. Dan setelah selesai acara keliling tamannya, tiba-tiba hujan deras banget. Buru-buru kabur deh ke hotel. Bleh..udah basah, kaki pegel pulak dah bayangin tidur aja. Ehm, sampe rumah baru sadar, gak bikin foto istananya dari depan..kakakak
Hari V – Pulang

Dari München ke Neustadt/Aisch butuh 2 jam-an sebenernya. Cuma hari itu hujan deras banget, macet di Autobahn..molor waktunya. Tapi sampenya di Neustadt, cuaca lumayan cerah…walo berangin dingin. Dieter dan Daniel langsung jemput Tobi. Aku ? Ngurusin pakean kotor ! [-(

Catatan: Semua lokasi berada di propensih Bayern, di mana kota tempat tinggal kita juga berada. Foto-foto lainnya, bisa dilihat di Multiply.